Kamis, 03 Mei 2012

Susu Kambing Obat Darah Tinggi dan Darah Rendah


Oleh : Dr. Ir. Lilik Eka Radiati

"Susu fermentasi dari susu kambing jenis etawa memiliki khasiat bisa meningkatkan kekebalan tubuh serta mampu menjadi penyeimbang bagi penderita tekanan darah tinggi maupun darah rendah," jelas Dr. Ir. Lilik Eka Radiati, MS, Ketua Prodi THT FT Unibraw, ketika ditemui Surya, Jumat (2/2)



Lebih lanjut Lilik menyebutkan bila hal ini merupakan pengembangan teknologi susu dari kambing perah ini.

"Susu tersebut hanya digunakan untuk pengobatan saja. Terutama untuk bahan pembuat obat asma. Dia mengandung zat yang bisa memperbaiki sel-sel di paru-paru. Hal itulah yang kemudian membuat kami sejak 5 tahun lalu mengembangkannya menjadi susu fermentasi. Apalagi khasiatnya bertambah," jelas Lilik.

Tingkat kemampuan susu kambing untuk bertahan dengan kualitas baik juga lebih singkat dibandingkan susu sapi.

Sehingga pengembangan dengan fermentasi itu dilakukan untuk memperpanjang ketahanan susu kambing itu, terutama kandungan mineral dan vitamin yang ada didalamnya.

Hasil dari fermentasi pada susu kambing ini, kini sedang dalam proses uji coba untuk pengobatan. Hasilnya pada lima tahun terakhir sejak dikembangkan, telah memberi hasil positif pada penderita diabetes, tekanan darah, asam urat, sembelit, alergi, kolesterol dan osteoporosis.

"Kandungan mikro bakteri yang ada mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Dalam setiap botol kecil berukuran 150 ml, ada ratusan mikro bakteri. Jadi mampu menjadi pelindung dan pengusir bakteri jahat yang masuk di tubuh. Termasuk bisa untuk konsumsi penderita HIV/AIDS, sebagai salah satu penambah atau penjaga kekebalan tubuhnya," lanjut Lilik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar